Jangan Tiru Warren Buffett. Anda Ngga Akan Bisa! Part 1

Siapa sih investor yang ngga kenal sama Warren Buffett? Hampir semua investor didunia tahu Warren Buffett. Lelaki yang tahun ini akan genap berusia 90 tahun merupakan investor kawakan terbesar sepanjang masa. Buffett yang lahir pada tahun 1930 silam saat ini menjabat sebagai CEO Berkshire Hathaway, sebuah holding company bagi banyak perusahaan. Berkshire Hathaway awalnya hanya sebuah perusahaan tekstil yang berlokasi di Omaha, Nebraska. Kemudian, di tangan dingin Buffett, perusahaan ini berubah menjadi gurita bisnis raksasa di Amerika Serikat. Sebuah pencapaian yang sangat fantastis.

Warren Buffett memulai investasi sahamnya dengan tabungan sebesar $120 pada usia 11 tahun di tahun 1941. Berawal tanpa banyak mengetahui filosofi investasi saham, Buffett harus mengembangkan filosofi investasinya sendiri, dan belajar melalui keberhasilan dan kegagalan tentang cara memilih perusahaan yang layak untuk diinvestasikan. Buffett pun pernah melakukan kesalahan dalam berinvestasi, sama seperti kita. Fakta bahwa seorang investor dengan aset miliaran dolar pernah melakukan kesalahan, dapat membantu kita untuk tetap yakin pada kemampuan diri sendiri. Kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh investor adalah dengan berasumsi bahwa investor ngga boleh memiliki kesalahan apapun. Pasar saham dinamis. Perkiraan yang kita buat bisa saja tepat atau meleset jauh.

Benjamin Graham dan Value Investing

Jika demikian, lalu apa yang membuat Buffett menjadi investor yang istimewa? Buffett sudah membaca buku The Intelligent Investor saat remaja. Lalu, Buffett pun berguru kepada penulis buku tersebut, Benjamin Graham. Ben Graham merupakan Bapak Value Investing, metode investasi saham yang menitikberatkan pada value sebuah perusahaan. Selain belajar dengan Graham, Buffett pun pernah bekerja sebagai analis sekuritas di perusahaan Graham, Graham-Newman Partnership. Belajar dan bekerja langsung di bawah bimbingan Graham, merupakan momen yang sangat berharga bagi Buffett. Gagasan Benjamin Graham membentuk landasan kesuksesan bagi Buffett.

Buffett bekerja di kemitraan Graham hingga tahun 1956 karena Graham mengumumkan diri pensiun dan menghabiskan waktu di California. Buffett memutuskan kembali ke Omaha untuk membentuk kemitraan sendiri. Pada usia 25 tahun, Buffett membentuk kemitraan dengan modal awal hanya $105.000 dari tujuh orang keluarga dan teman-temannya. Sejak awal kemitraan berdiri, kinerja Buffett selalu mengungguli Dow Jones. Bahkan, Buffett ngga pernah mengalami kerugian sama sekali. Selalu unggul telak dari Dow Jones!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *