Trading plan saham merupakan strategi yang digunakan investor ataupun trader untuk melakukan aksi beli dan jual saham. Kelas Salam memberikan fasilitas dalam membuat trading plan, semoga dapat membantu rekan-rekan dalam investasi maupun trading.

Trading plan saham juga digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan transaksi agar mencapai tujuannya. Trading plan sangat berguna dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi trading. Baik investor maupun trader perlu membuat trading plan.

Salah satu faktor keberhasilan dalam trading maupun investasi adalah displin. Oleh karena itu trading plan sangat dibutuhkan, karena hasil konsisten lebih penting daripada hasil yang fantastis namun tidak konsisten.

Kebanyakan Investor maupun Trader pemula sering melupakan trading plan dan asal membeli saham tanpa sebuah strategi. Karena tidak menggunakan strategi dapat berakhir loss atau kerugian. Oleh karena itu strategi berupa trading plan sangat perlu dipertimbangkan oleh investor maupun trader.

Kita analogikan mengendarai sebuah mobil. Apakah kita bisa mengendarari mobil dengan baik dan benar sesuai hukum tanpa perhitungan yang baik, seperti waktu yang terpat untuk menginjak pedal gas atau rem dan jarak aman antar kendaraan? Sama halnya dengan trading plan agar kita dapat memaksimalkan reward dan meminimalkan risiko.

Perhitungan yang disediakan oleh Kelas Saham sangat mudah dan praktis. Terdapat harga beli kedua dan lot kedua, artinya jika anda melakukan lebih dari satu transaksi di saham yang sama maka akan merubah total lot dan average price. Hal ini dikarenakan metode average yang terdapat di saham.

Average Price merupakan rata-rata harga pembelian yang anda lakukan untuk satu saham. Fee beli dan jual menyesuaikan dengan sekuritas yang anda gunakan, karena masing-masing sekuritas berbeda fee-nya. Take Profit adalah target penjualan anda baik jual untung maupun jual rugi.

Dari perhitungan dibawah akan otomatis mengitung potensi untung dan rugi yang anda alami.