Pengertian Right Issue Saham & Untung Ruginya

Halo, mimin lama nggak bikin artikel. Pasti pada kangenkan dengan artikel yang mimin bikin? hehe GR banget sih ya. Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian right issue saham dan apa keuntungan serta kerugiannya. Saat ini mungkin terlintas dibenak kamu tentang right issue, karena akhir-akhir ini ada beberapa perusahaan terbuka melakukannya. Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran kamu ya.

Pengertian Right Issue Saham

Pengertian right issue (arti right issue) sebagaimana dikutip Keputusan Badan Pengawas Pasar Modal Nomor 26 Tahun 2003 yakni hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham yang ada untuk membeli efek baru.

Belum punya rekening saham? Link: bit.ly/rekeningsaham

Kalau kamu sering mendengar investor dapat memesan efek baru dengan jumlah tertentu, katakanlah 1:2 memiliki arti setiap kepemilikan 1 lembar saham akan mendapatkan hak untuk membeli 2 lembar saham baru sebelum ditawarkan ke investor lain. Mudahnya ialah right issue memberikan hak kepada investor lama untuk membeli saham baru atau istilahnya HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu), jadi kamu sebagai investor lama diberikan hak terlebih dahulu.

Harga saham baru yang diterbitkan melalui right issue disebut dengan harga right. Harga right bisa lebih rendah, sama, atau lebih tinggi daripada harga sahamnya.

Bagaimana kita bisa disebut investor lama?

Investor lama disini bukan berarti lamanya kamu masuk di pasar saham loh ya, tapi pemegang saham perusahaan yang akan melakukan right issue dan masih memilikinya hingga cum right. Apabila kamu membeli saham pada saat ex right maka kamu tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan hak dari right issue, karena sudah melewati batas waktu yang sudah ditentukan.

Pertanyaan berikutnya “apakah hak kita akan hilang saat kita menjual sahamnya ketika ex right?” Jawabanya tidak, karena yang paling penting kamu masih memiliki sahamnya saat penutupan cum right.

Apa yang perlu dilakukan setelah right issue?

Jika kamu sudah memiliki hak untuk membeli saham baru dari hasil right issue maka pilihan ada ditangan kamu. Apakah kamu mau menebusnya atau tidak. Jika kamu ingin menebusnya maka tahap selanjutnya ialah membayar senilai harga right. Jika rasionya 1:2 dengan harga right 900, maka kamu perlu membayar sebesar Rp 1800 (900 x 2) untuk setiap 1 lembar yang kamu miliki. Lah, kalau punya 10 lot gimana? Ya tinggal kamu hitung saja, 10 lot itu 1000 lembar, artinya kamu perlu membayar 1,8 juta (900 x 2 x 1000 lembar). Setelah menebus, jumlah lembar saham kamu akan meningkat yang semula 1000 lembar menjadi 3000 lembar atau 30 lot.

Gimana kalau nggak ditebus? Selama kamu tidak memiliki kepentingan pada perusahaan tersebut maka tidak ada masalah. Masalah akan terjadi apapbila kamu memiliki kepentingan seperti pengendali, kepemilikan sahammu akan terdilusi (penurunan persentase kepemilikan diperusahaan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *