Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia 2019

Bahkan bulan agustus paling sering mengalami penurunan tiap tahunnya dengan rata-rata penurunan 3.68% dan probability -38.5%. Bulan agustus lebih baik karena probability seimbang, artinya kenaikan dan penurunan tiap tahunnya tidak ada selisih yang besar.

Kuartal Empat Tahun 2019

Kuartal inilah yang ditunggu-tunggu oleh investor maupun trader, karena pada kuartal inilah IHSG dapat memberikan hasil yang bagus untuk akhir tahun.

Chart IHSG
IHSG

Meskipun sejak kuartal tiga IHSG cenderung bergerak turun, namun akhir tahun 2019 atau lebih tepatnya bulan desember menjadi kado terindah untuk kita semua. Berdasarkan chart diatas IHSG dapat membuat higher high setelah beberapa kali lower high. Kenaikan bulan desember sebesar 4.79%, bukan hal yang aneh lagi jika bulan ini performa IHSG sangat bagus.

Semenjak tahun 1994 hingga 2019 bulan desember lebih banyak memberikan hal positif daripada bulan-bulan sebelumnya. Rata-rata kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia bulan desember berhasil mengalahkan bulan lainnya sebesar 4.16% dan probability positif 92%. Hal ini disebabkan kerena ada pola yang selalu terjadi tiap tahunnya, yaitu Windows Dressing.

Sektor Bursa Efek Indonesia (BEI)

Sektor Bursa Efek Indonesia
Sektor BEI

Sepanjang tahun 2019, sektor yang berhasil mencapai area positif adalah Basic Industry, Finance, Infrastruc, dan Property. Selain sektor-sektor tersebut masih berada diarea negatif, bahkan sektor yang paling banyak mengalami penurunan adalah Consumer sebesar 21.28%.

Sekian rangkupan singkat yang dapat penulis sampaikan, semoga dapat menambah ilmu rekan-rekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *