Hati-hati, Saham Ini Sudah Seharusnya Turun

Mempunyai saham dengan kenaikan yang fantastis menjadi kebahagiaan tersendiri bagi investor maupun trader. Namun tidak banyak yang tahu kapan saham itu akan diturunkan. Artikel kali ini akan membahas suatu saham yang sudah seharusnya turun karena kenaikannya.

Saham ini adalah TPIA, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) merupakan perusahaan hasil merger antara PT Tri Polyta Indonesia Tbk (TPI) dan PT Chandra Asri (CA) pada 1 Januari 2011. TPI merupakan produsen Polypropylene terbesar di Indonesia dan didirikan pada tahun 1984. CA merupakan produsen produk Olefins dan Polyethylene serta didirikan pada tahun 1989.

Saham ini mengalami kenaikan yang fantastis sejak 12 Juli 2019, hingga saat ini sudah naik sebesar 88% atau 4225 poin. Sudah saatnya muncul pertanyaan “kapan saham ini akan terus naik?”. Berikut ciri-cirinya:

Sudah Euforia

Saham in sudah memasuki fase euforia yang ditandai oleh stochastics diatas 80%. Tidak hanya berdasarkan indikator stochastic saja, trading system kami pun sudah muncul euphoria.

MACD mengalami penurunan, berbanding terbalik dengan kenaikan harga saham ini. Bahkan sudah terjadi crossing dan berpindah menjadi negatif.

Market Maker Sudah Mulai Jualan

Jika kita sadari, saham TPIA digerakan oleh Asing. Sejak pertengahan bulan Agustus sampai saat ini terjadi distribusi. Artinya, porsi kepemilikan asing sudah mulai berpindah ke lokal.

Market Maker Flow (MMF) mulai flat atau datar yang menandakan jika akumulasi saham ini berkurang. Meskipun masih akumulasi, namun hal ini sedikit semu karena harga saham sudah terlalu tinggi.

Saran: Sebaiknya melakukan Taking Profit atau memasang Trailing Stop.

Belum punya akun saham? Buka rekening saham dengan mudah melalui: 
https://kelassaham.com/open-account/

Follow Us: TelegramInstagram, Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *