Cara Mengatur Automatic Order – Mirae Asset Sekuritas

Kalau artikel yang entah beberapa abad yang lalu (hehe) membahas tentang kegunaan trailing stop atau cara mengatasi penurunan harga saham. Kali ini mimin mau bahas cara mengatur automatic order bagi kamu yang aplikasi sekuritasnya tidak ada fasilitas trailing stop. Aplikasi yang akan mimin gunakan dari Mirae Asset Sekuritas, karena setiap transaksi selalu menggunakan broker tersebut.

Apa itu Automatic Order?

Automatic order merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh broker untuk melakukan transaksi berdasarkan kriteria yang telah kita tentukan sebelumnya. Contoh: Kamu sudah menganalisis saham BBRI kalau akan turun ke harga 4000, maka kamu pengatur automatic order untuk melakukan pembelian saham BBRI diharga 4000. Kamu tinggal menunggu saja.

Buka Rekening Saham: bit.ly/rekeningsaham

Cara Mengatur Automatic Order

Gambar di atas merupakan fasilitas automatic order yang ada di NEO HOTS milik Mirae Asset Sekuritas. Ada BUY dan SELL, terdapat empat bagian penting (SELL), yaitu valid date, auto sell, order price, dan order qty. Sedangkan BUY hanya ada valid date, order price, dan order qty. Mimin akan fokus ke SELL yang lebih lengkap.

Valid Date – Batas waktu berlakunya setting-an Automatic Order maksimal 7 hari. Kamu dapat mengatur berapa lama automatic orders akan berjalan.

Auto Sell – Kamu dapat memilih saham apa yang akan dijual, tentunya yang masih ada di portfolio. Pilihannya ada dua, yaitu Basic auto dan take profit/cut loss. Jika kamu ingin BUY tidak ada opsi ini.

Set Condition – Kamu dapat mengatur kriteria seperti apa yang akan mengaktifkan automatic orders. Opsinya ada tiga, last price (harga transaksi saham terakhir), best offer (harga pada posisi offer (penawaran jual) terendah), dan best bid (harga pada posisi bid (penawaran beli) tertinggi). Kamu juga dapat mengatur mau persen, tick, atau P/L (Profit/Loss). Banyakkan pilihannya, dapat kamu sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Kalau mimin biasa pakai yang pilihan harga mau lebih besar atau lebih rendah.

Nah ini yang terkakhir. Set order – Jika automatic order kamu sudah aktif (berdasarkan set condition), maka kamu dapat mengatur mau kamu jual berapa lot dan diposisi apa? Pada order qty ada tiga pilihan, jumlah lot, persentase lot, atau rupiah. Tergantung kebutuhan kamu, misalkan mau jual sebagian dulu atau bahkan semuanya. Bagian last price ada banyak sekali opsi mulai dari last price, best bid, bid-1 sampai -4 tick, best offer, offer+1 sampai +4 tick.

Kalau sudah, tinggal kamu klik “done” dan aktifkan. Selesai deh, bisa kamu tinggal tidur atau berkegiatan lainnya. Semoga bermanfaat ya. Sekian artikelnya, semoga bermanfaat ya. Gabung channel telegram: @kelassaham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *