Cara Mendapatkan Laporan Keuangan

Sebagai investor yang baru masuk dunia pasar modal pasti kebingungan mencari cara untuk mendapatkan laporan keuangan perusahaan. Kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan laporan keuangan perusahaan.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan perusahaan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi : (Wikipedia)

Mendapatkan Laporan Keuangan di Bursa Efek Indonesia

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah mengunjungi website Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Tampilan awal sebagai berikut:

Selanjutnya pilih Perusahaan Tercatat, lalu Laporan Keuangan dan Tahunan

Tahap selanjutnya adalah menulis kode perusahaan yang akan kita cari, misalkan kita akan mencari Laporan Keuangan perusahaan BBNI atau PT Bank Negara Indonesia Tbk. Jenis laporan keuangan ada 2, yaitu laporan keuangan (kuartal) dan laporan tahunan, silakan pilih opsi sesuai dengan keinginan masing-masing. Jenis efek pilih yang saham, karena yang akan kita cari adalah laporan keuangan perusahaan yang telah listing di BEI. Tahun dan periode di sesuaikan kebutuhan. Kemudian klik cari, maka akan keluar seperti ini:

Buka Rekening Saham: bit.ly/rekeningsaham

Setelah itu usahakan untuk mencari dengan tepat, karena tidak semua file yang disediakan berisi laporan keuangan yang lengkap dan berbentuk pdf.

Laporan keuangan yang lengkap harus berisi opini dari auditor dan terdapat tanda tangan diatas materai oleh Direktur Utama dan Direktur Keuangan. Jumlah lembarnya tidak sedikit melainkan ratusan halaman.

Mudah bukan mencari laporan keuangan perusahaan di Bursa Efek Indonesia? Nah sekarang rekan-rekan dapat mendapatkan informasi tersebut dan dapat menganalisa fundamental sendiri.

Selamat mencoba,

Follow Us: TelegramInstagramYoutube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *