Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

Pernah tidak kamu bingung untuk memilih perusahaan sekuritas mana yang tepat untuk bertransaksi saham? Bertransaksi saham dibedakan menjadi dua, yaitu trading dan investing. Perbedaan tujuan inilah yang sering kali membuat beberapa calon investor atau trader kebingungan saat memilih perusahaan sekuritas. Pada artikel ini, penulis akan memberitahukan cara memilih perusahaan sekuritas.

5 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

Sebenarnya perusahaan sekuritas itu apa?

Perusahaan sekuritas juga dikenal perusahaan efek. Berdasarkan pasal 1 Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal yang berbunyi “Perusahaan Efek adalah Pihak yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek, dan atau Manajer Investasi.” Banyak sekali perusahaan sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, bahkan per 10 April 2020 sudah ada 105 yang telah terdaftar.

Oke, kita bahas satu per satu ya.

Penjamin Emisi Efek adalah Pihak yang membuat kontrak dengan Emiten untuk melakukan Penawaran Umum bagi kepentingan Emiten dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa Efek yang tidak terjual.

Perantara Pedagang Efek adalah Pihak yang melakukan kegiatan usaha jual beli Efek untuk kepentingan sendiri atau Pihak lain.

Manajer Investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Semua penjelasan di atas berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Segala informasi mengenai perusahaan sekuritas dapat kalian lihat melalui website sekuritas tersebut atau mengunjungi website Bursa Efek Indonesia (BEI).

Beberapa cara memilih perusahaan sekuritas

  • Reputasi Perusahaan Sekuritas

Reputasi ini dapat kamu lihat berdasarkan frekuensi perdagangan atau sering dipakai oleh investor maupun trader. Frekuensi perdangan dapat dilihat melalui ringkasan broker yang sudah tersedia di website Bursa Efek Indonesia disini. Berikut adalah perusahaan sekuritas dengan frekuensi tertinggi saat ini:

Kenapa frekuensi perdagangan itu penting? Karena frekuensi yang tinggi menandakan bahwa perusahaan sekuritas tersebut banyak digunakan untuk bertransaksi saham.

  • Setoran Awal Yang Diberlakukan

Setiap perusahaan sekuritas berbeda dalam menetapkan setoran awal pada saat membuka akun saham. Setoran awal ini berbentuk uang elektronik yang ditransfer dari rekening pribadi atau badan ke rekening saham yang sudah dibuat. Setoran awal ini pun bervariasi, mulai dari minimal Rp 100.000 hingga beberapa juta. Uang yang telah kamu setorkan ke rekening saham dapat langsung dibelikan saham perusahaan terbuka, namun jumlah lot yang dapat kalian beli bergantung dengan jumlah uang yang kamu miliki di rekening saham.

Pastikan dulu jumlah uang yang kamu miliki sebelum membuka rekening saham. Jangan sampai sudah membuka rekening saham namun dikagetkan dengan setoran awal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *